Makalah Telaah RPP Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kurikulum
merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh
kegiatan pendidikan. Tanpa ada kurikulum proses pembelajaran tidak akan
berhasil yang baik, bagai kapal tanpa nahkoda.Mengingat pentingnya kurikulum
dalam pendidikan, khususnya kurikulum PAI di Madrasah, maka penyusunan
kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum
tersebut sama-sama membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan
pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum
yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal dalam
pendidikan.
Agar
tujuan dari suatu kurikulum PAI di madrasah dapat benar-benar tercapai, maka
perlu adanya suatu pengembangan kurikulum yang berdasarkan pada
landasan-landasan serta prinsip-prinsip yang berlaku. Hal ini mengingat bahwa
suatu kurikulum tersebut diharapkan dapat memberikan landasan dan menjadi
pedoman bagi pengembangan kemampuan siswa secara optimal sesuai dengan tuntutan
dan tantangan perkembangan masyarakat serta dapat menjadi siswa yang beriman
dan bertakwa.
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah sebagai
berikut:
1.
Apa
pengertian RPP?
2.
Apa
langkah-langkah penyusunan RPP?
3.
Apa
saja Prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum PAI?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
1. Pengertian
RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengerganisasian
pembelajaran untuk mencapai satu kompotensi dasar yang ditetapkan dalam standar
isi dan dijabarkan dalam silabus.
2. Landasan
Pengembangan RPP
Peraturan pemerintah RI
Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 20: “Perencanaan
proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang
memuat sekuranhg-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran,
sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
3. Prinsip-prinsip
Menyusun RPP
a. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan
memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual,
minat dan mitivasi.
b. Mendorong
partisifasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi dan
minat.
c. Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran
dirancang untuk membaca, pemahaman keragaman bacaan, dan berikpresi dalam
berbagai bentuk tulisan.
d. Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan
program pemberian umnpan balik positif, penguatan dan remedi.
e. Keterkaitan
dan keterpaduan
RPP disusun dengan
memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara, SD, KD, materi pembelajaran,
indikator, pencapaian kompotensi, dan penilaian.
4. Langkah-langkah
Penyusunan RPP
a. Mencantumkan
identitas, terdiri atas Nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, SK, KD,
indikator, dan alokasi waktu.
b. Merumuskan
tujuan pembelajaran
c. Menentukan
materi pembelajaran
Untuk memudahkan
penetapan materi pembelajaran, dapat diacu dari indikator.
d. Menentukan
metode pembelajaran
e. Menetapkan
kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan
penutup.[1]
B. Kurikulum Pendidikan Agama Islam
1. Pengertian
Kurikulum Pendidikan agama islam adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai tujuan, isi, bahan, serta cara pembelajaran yang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
yang merupakan sekumpulan studi keislaman yang meliputi al-Qur’an, hadits,
aqidah, akhlak, fiqih, tarikh, dan kebudayaan islam.
2. Karakteristik
Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Kurikulum pendidikan
agama islam punya karakteristik khas dan unik, terutama bentuk operasional
pengembangan dan pelaksanaannya dalam pembelajaran. Adapun karakteristik
Kurikulum Pendidikan agama islam adalah
a. Penekanan
pada pencarian ilmu pengetahuan, penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan
tersebut atas dasar ibadah kepada Allah yang berlangsung sepanjang hayat.
b. Pengalaman
ilmu pengetahuan atas dasar tanggung jawab kepada Allah dan masyarakat.
c. Pengakuan
adanya kompotensi dan kemampuan diri pada untuk peserta didik untuk berkembang
dalam suatu kepribadian yang utuh.
d. Setiap
pencari ilmu dipandang sebagai makhluk Tuhan yang perlu dihormati dan disantuni
agar potensi-potensi yang dimilikinya dapat terakumulasi dengan baik.
3. Prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum PAI sebagai berikut:
a. Berpusat
pada potensi perkembangan , kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya.
b. Beragam
dan terpadu
c. Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
d. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
e. Menyeluruh
dan berkesinambungan
f.
Belajar sepanjang hayat
g. Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
4. Kerangka
Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Kerangka dasar kurikulum adalah
rambu-rambu yang dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum KTSP dan
silabusnya pada setiap suatu pendidikan. Kerangka dasar kurikulum merupakan
pedoman dan penyusunan kurikulum yang terdiri dari kelompok mata pelajaran,
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan prinsip-prinsip pelaksanaan
kurikulum. Sebagaimana tertuang pada permendiknas No. 22/2006, mata pelajaran
PAI masuk dalam kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dan dimasukkan
untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.cakupan materi pelajaran PAI meliputi
etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Guna
mewujudkan harapan tersebut kurikulum disusun oleh sekolah dan komite sekolah
dengan berpedoman padaSI-SKL-SK-KD, serta panduan penyusunan kurikulum yang
disusun oleh badan standar nasional pendidikan dengan mengacu pada
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Kurikulum PAI telah dikembangkan di
sekolah selanjutnya dilaksanakan oleh guru PAI pada setiap satuan pendidikan
dengan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.[2]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Adapun
kesimpulan dari pembahasan di atas adalah
1. Pengertian
RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengerganisasian
pembelajaran untuk mencapai satu kompotensi dasar yang ditetapkan dalam standar
isi dan dijabarkan dalam silabus.
2. Langkah-langkah
Penyusunan RPP
a. Mencantumkan
identitas, terdiri atas Nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, SK, KD,
indikator, dan alokasi waktu.
b. Merumuskan
tujuan pembelajaran
c. Menentukan
materi pembelajaran
Untuk
memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat diacu dari indikator.
d. Menentukan
metode pembelajaran
e. Menetapkan
kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan
penutup
3. Prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum PAI sebagai berikut:
a. Berpusat
pada potensi perkembangan , kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya.
b. Beragam
dan terpadu
c. Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
d. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
e. Menyeluruh
dan berkesinambungan
f.
Belajar sepanjang hayat
g. Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
DAFTAR
PUSTAKA
Sri Narwanti, Panduan Menyusun Silabus dan RPP, Yogyakarta: Familia, 2012
0 Response to "Makalah Telaah RPP Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)"
Post a Comment