Resume Tujuan, Bidang, dan Mazhab Manajemen


 
A.  Tujuan Manajemen
Tujuan individu adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya berupa materi dan non materi dari hasil kejanya. Tujuan organisasi adalah mendapatkan laba (business organization) atau pelayanan/pengabdian (public organization) melalui proses manajemen itu. Tujuan adalah sesuatu hasil(generalis) yang ingin dicapai melalui proses manajemen. Sasaran adalah suatu hasil (khusus) yang ingin dicapai melalui proses manajemen.:
1.    Tipe-tipe tujuan dibagi atas :
a.    Profit objectives bertujuan untuk mendapatkan laba bagi pemiliknya
b.    Service objectives untuk memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen dengan mempertinggi nilai barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen
c.    Social objectives meningkatkan nilai guna yang diciptakan perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat.
d.   Personal objectives bertujuan agar karyawan secara individual economic, social psychological
2.    Prioritasnya dibagi atas :
a.    Tujuan primer
b.    Tujuan sekunder
c.    Tujuan individual
d.   Tujuan sosial
3.    Menurut jangka waktunya dibagi atas :
a.    Tujuan jangka panjang
b.    Tujuan jangka menengah
c.    Tujuan jangka pendek
4.    Menurut sifatnya dibagi atas :
a.    Management objectives dari segi efektif yang harus ditimbulkan oleh manajer.
b.    Managerial objectives, tujuan yang harus dicapai daya upaya atau kreativitas-kreativitas yang bersifat manajerial.
c.    Administrative objectives tujuan-tujuan yang yang pencapaiannya memerlukan administrasi.
d.   Economic objectives tujuan-tujuan yang bermaksud memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan memerlukan efisiensi untuk pencapaiannya.
e.    Social objectives tujuan suatu tanggung jawab, terutama tanggung jawab moral.
f.     Technical objectives tujuan berupa detai teknis, detail kerja dan detail kerja.
g.    Work objectives yaitu tujuan-tujuan yang merupakan kondisi kerampungan suatu pekerjaan.
5.    Menurut tingkatnya dibagi atas :
a.    Overall enterprise objectives adalah tujuan semesta (generalis) yang harus dicapai oleh badan usaha secara keseluruhan
b.    Divisional objectives adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap divisi
c.    Depertemental objectives adalah tujuan-tujuan yang harus dicapai oleh masing-masing bagian
d.   Sectional objectives adalah tujuan-tujuan yang harus dicapai oleh setian seksi
e.    Group objectives adalah tujuan-tujuan yang harus dicapai oleh setiap kelompok urusan
f.     Individual objectives adalah tujuan-tujuan yang harus dicapai oleh setiap masing-masing inndividu
6.    Menurut bidangnya dibagi atas :
a.    Top level objectives adalah tujuan-tujuan umum, menyeluruh dan menyangkut berbagai bidang sekaligus.
b.    Finance objectives adalah tujuan-tujuan tentang modal
c.    Production objectives adalah tujuan-tujuan tentang produksi
d.   Marketing objectives adalah tujuan-tujuan mengenai bidang pemasaran barang dan jasa-jasa
e.    Office objectives adalah tujuan-tujuan mengenai bidangketatausahaan dan adminnistrasinya
7.    Menurut motifnya dibagi atas :
a.    Public objectives adalah tujuan-tujuan yang harus dicapai berdasarkan ketentuan-ketentuan undang-undang Negara
b.    Organizational objectives adalah tujuan-tujuan yang harus dicapai berdasarkan ketentuan-ketentuan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, dan statute organisasi yang bersifat zakelijk dan impersonal (tidak boleh berdasarkanpertimbangan perasaanatau selesra pribadi) dalam upaya penapaiannya.
c.    Personal objectives adalah tujuan pribadi/ individual (walaupun mungkin berhubungan dengan organisasi) yang dalam usaha pencapaiannya sangat dipengaruhi oleh selera ataupun pandangan pribadi.
Tujuan merupakan hal terjadinya proses manajemen dan aktivitas kerja, tujuan beraneka macam, tetapi harus ditetapkan secara jelas, realitis, dan cukup menantang berdasarkan analisis data, informasi dan pemilihan dari alternative-alternatif yang ada.
Menetapkan tujuan yang baik, yaitu :
a.    Jelas dan ditetapkan berdasrkan hasil analisis data, informasi dan potensi yang dimiliki
b.    Harus ditetapkan manajer dan meminta partisipasi karyawan pelaksana dalam proses penetapan tujuan, sehingga mereka antusias untuk mencapai tujuan tersebut
c.    Setiap tujuan dalam suatu perusahaan harus membantu keseluruhan tujuan perusahaan
d.   Harus menpunyai jangkauan tertentu dan memberikan kepuasan bagi karyawan dalam mengerjakannya, sehingga mereka ingin berprestasi dan merasa berhasil  melakukannya. Tujuan-tujuan tersebut dapat merangsang motivasi kerja para karyawan untuk meningkatkan produktivitasnya.
e.    Harus realistis dan masuk akal bagi orang yang bertanggung jawab untuk mencapainya
f.     Harus bersifat kontemporerdan inovatif serta ditetapkan up to date
g.    Tujuan yang ditetapkan bagi setiap individu pelaksana harus sesuai dengan kemampuannya.
h.    Tujuan harus berurutan menurut kepentingannya
i.      Tujuan harus berimbangan

B.  Bidang-bidang manajemen, terdiri dari :
1.    Men yaitu tenaga kerja manusia, baik pemimpin maupun tenaga kerja operasional/pelaksan.
2.    Money yaitu uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan
3.    Methods yaiyu cara-cara yang dipergunakan dalam usaha mencapai tujuan
4.    Materials yaitu bahan-bahan yang diperlukan untuk mencapai tujua
5.    Machines yaitu mesin/alat yang diperlukan /dipergunakan untuk mencapai tujua
6.    Market yaitu pasar untuk menjual barang dan jasa yang dihasilkan
Setiap unsur manajemen berkembang menjadi bidang manajemen yang mempelajari lebih dalam peranannya dalam mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu :
1.    Manajemen sumber daya manusia (MSDM) Adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja, agar efektif dan efisiensi membantu terwujudnya tujuan. Hal pokok MSDM adalah: perencanaa, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensassi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisipilinan, dan pemberhentian karyawan
2.    Manajemen permodalan
Bagaimana memanfaatkan modal supaya lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk mencapai tujuan.
3.    Manajemen akuntansi biaya Adalah bagaimana cara supaya harga pokok barang atau jasa yang dihasilkan relative rendah dengan kualitas yang baik.
4.    Manajemen produksi Adalah penentuan/penggunaan masin/alat, lay out peralatan dan cara untuk memproduksi barang dan jasa supaya kualitasnya lebih baik.
5.    Manajemen pemasaraa Adalah mengatur bagaimana supaya barang dan jasa dapat terjual seoptimal mungkin dan dengan mendapat laba yang wajar

C.  Mazhab-mazhab Manajemen
1.    Mazhab manajemen berdasarkan kebiassaan
2.    Mazhab manajemen ilmiah
3.    Mazhab prilaku
4.    Mazhab social
5.    Mazhab manajemen system
6.    Mazhab manajemen berdasarkan keputusan
7.    Mazhab pengukuran kuantitatif
8.    Mazhab proses manajemen
9.    Mazhab manajemen menurut keadaan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Tujuan, Bidang, dan Mazhab Manajemen"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah