Makalah Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran

Tugas pokok guru adalah melaksanakan penyusunan program pembelajaran, melaksanakan penyajian program pembelajaran, melaksanakan penilain hasil belajar, melaksanakan analisa hasil belajar, dan melaksanakan program perbaikan. Karena itulah, pemahaman terhadap pengembangan dan pelaksanaan kerikulum sangat penting, karena kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan. Kurukulum tidak hanya merumuskan tujuan yang diharapkan dan memperjelas arah yang ingin dituju, akan tetapi juga memberikan pemahaman pengalaman.


Kurikulum dan pengajaran merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan walaupun keduanya memiliki posisi yang berbeda. Kurikulum berfungsi sebagai pedoman yang memberikan arah dan tujuan, serta isi yang harus dipelajari, sedangkan pengajaran adalah proses interaksi belajar dan mengajar antara guru dan peserta didik. Dengan demikian, tanpa kurikulum sebuah rencana, maka pembelajaran atau pengajaran menjadi tidak efektif, sementara tanpa pengajaran dan pembelajaran sebagai implementasi sebuah rencana maka kurikulum tidak memiliki arti apa-apa.

Dilihat dari kedudukan dan fungsinya, kurikulum merupakan sebuah rancangan kegiatan belajar bagi peserta didik yang terdiri dari tujuan, bahan ajar, metode, alat dan penilaian, yang terkait dan saling mempengaruhi. Untuk itu, dalam implementasinya guru dituntut mampu merencanakan pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. 

Perencanaan pengembangan kurikulum tersebut harus disesuikan dengan kebutuhan masyarakat, karena fungsi pendidikan adalah untuk melayani kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, kekurangpahaman terhadap kerikulum menjadikan pelaksanaan dalam pembelajaran akan lebih efektif sehingga pencapaian hasil yang diharapkan akan lebih mudah tercapai. Dengan demikian, kerikulum mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam pendidikan. 

Ibarat tubuh, ia merupakan jantungnya, karena mengarahkan segala bentuk dan aktivitas proses pendidikan yang tidak terbatas pada sejumlah mata pelajaran tertulis, tetapi juga meliputi kebiasaan, sikap, moral dan lain-lain.

Bagi teman-teman yang ingin membaca makalah tentang inovasi kurikulum dan pembelajaran langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Makalah Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah