Resum Konsep Kebutuhan Dalam Islam

Konsep Kebutuhan Dalam Islam, ilmu ekonomi pada dasarnya mempelajari upaya manusia baik sebagai individu maupun masyarakatgka melakukan pilihan penggunaan sumber daya guna memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa.

Apabila kebutuhan dan keinginan lebih besar dari persedian barang dan jasa maka akan terjadi kelangkaan. karena keinginan dan kebutuhan memberi efek yang sama bila tidak terpenuhi, yakni kelangkaan maka ekonomi konvensional tampaknya tidak membedakan antara kebutuhan dan keinginan
Konsep Kebutuhan Dalam Islam

Islam memiliki nilai moral yang ketat dalam memasukkan keinginan dalam motif aktifitas ekonomi.

Kebutuhan didefinisikan sebagai segala keperluan dasar manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Sementara keinginan didefinisikan sebagai kemauan manusia atas segala hal. Kebutuhan harus lebih diutamakan dari pada keinginangi.


Konsep Kebutuhan dalam islam bersifat dinamis merujuk pada tingkat ekonomi yang ada pada masyarakat . Pada tingkat ekonomi tertentu sebuah barang yang dulu dikonsumsi akibat motivasi  keinginan. Pada tingkat ekonomi yang lebih baik, barang tersebut telah menjadi kebutuhan. Dengan demikian parameter yang  membedakan defenisi kebuthan dan keinginan tidak bersifat statis, ia berlangsung pada kondisi perekonomian serta ukuran kemaksiatan.

Kebutuhan adalah  salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu yaitu memenuhi kebutuhan, kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan. Seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan. waktu dan agama. semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi/banyak pula macam kebutuhan
yang harus terpenuhi.
 
Bagi teman-teman yang ingin membaca secara lengkap resume tentang konsep kebutuhan dalam islam langsung aja download resume kebutuhan dalam islam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resum Konsep Kebutuhan Dalam Islam"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah