Makalah Tentang Bagi Hasil

A.    Pengertian Bagi Hasil
Sistem perekonomian islam merupakan masalah yang berkaitan dengan pembagian hasil usaha yang harus di tentukan pada awal yang terjadinya kontrak kerja sama (akad), yang di tentukan porsinya masing-masing pihak, misalnya 20:80 yang berarti bahwa atas hasil usaha yang di peroleh akan didistribusikan sebesar 20% bagi pemilik dana (shahibul maal) dan 80% bagi pengelola dana (mudharib).

Bank syariah berdasarkan pada prinsip profit sharing tidak membebankan bunga, melainkan mengajak partisipasi dalam bidang usaha yang di danai. Para deposan juga sama-sama mendapatkan bagian dari keuntungan bank sesuai dengan rasio yang telah di tetapkan sebelumnya. Dengan demikian ada kemitraan antara bank syariah dengan para deposan di satu pihak dan bank dan para nasabah investasi sebagai pengelola sumber dana para deposan dalam berbagai usaha produktif di pihak lain.


Sistem ini berbeda dengan konvensional yang pada intinya meminjam dana dengan membayar bunga pada satu sisi neraca dan memberi pinjaman dana dengan menarik bunga pada sisi lain. Kompleksitas perbankan islam tampak dari keragaman dan penamaan instrumen-instrumen yang di gunakan serta pemahaman dalil-dalil hukum islamnya.

Mekanisme lembaga keuangan syariah pada pendapatan bagi hasil ini berlaku untuk produk penyertaan atau bentuk bisnis korporasi (kerja sama). Pihak-pihak yang terlibat dalam kepentingan bisnis ini harus melakukan transparansi dan kemitraan secara baik dan ideal. Sebab semua pengeluaran dan pemasukan rutin yang berkaitan dengan bisnis penyertaan, bukan untuk kepentingan pribadi yang menjalankan proyek.

Prinsip bagi hasil (profit sering) merupakan karakteristik umum dan landasan operasional dan bank syariah secara keseluruhan secara prinsip dalam perbankan syariah yang paling banyak di pakai adalah akad mudharabah dan musyarakah, sedangkan muzara’ah dan musaqah di pergunakan khusus untuk plantation financing atau pembiayaan oleh beberapa bank islam.

Bagi teman-teman yang ingin membaca makalah secara lengkap ini langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Tentang Bagi Hasil"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah