Mendikbud Minta Sekolah Ajarkan Kejujuran dan Integritas

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pemerintah mendorong seluruh kepala sekolah dan guru untuk menjaga integritas.

Sekolah-sekolah yang angka integritasnya tinggi akan mendapat apresiasi dari pemerintah.

"Pemerintah akan meningkatkan indeks integritas sebab salah satu masalah terbesar di Indonesia adalah soal integritas. Kurangnya integritas ini menimbulkan banyak korupsi, makanya sekolah dan keluarga harus mengajarkan soal integritas kepada anak-anaknya," kata Anies dalam acara peresmian  gedung baru SD SIS-SMPIT/SMAIT Insan Mandiri Cibubur, Bekasi, Senin (21/12).


Menurut Anies, Sekolah Insan Mandiri Cibubur akan mampu menjadi sekolah yang menjaga integritas dan menjadi sekolah Islam pertama yang mampu mengajarkan  kejujuran dan kemampuan untuk menjawab tantangan di masa depan. Ke depan ujian nasional (UN) hasilnya ada dua komponen, yakni capaian di bidang studi dan capaian dalam komponen integritas.

Integritas, terang Anies, merupakan dasar dari karakter moral. Sehingga ketika integritas tersebut goyah maka runtuhlah segala karakter moral lainnya.

Menumbuhkan integritas sebagai prinsip yang kokoh dalam diri siswa sama halnya dengan memastikan masa depan Indonesia yang bersih di tangan calon pemimpin bangsa.

"Selama ini kita lupa memberi perhatian pada nilai-nilai etika, budi pekerti, kejujuran dan integritas, saya minta kepada semua pihak, termasuk kepala sekolah dan guru untuk tidak mengotori  siswa kita dengan aktivitas yang curang."

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ) Bekasi Ichsan Thalib mengatakan, SD SIS-SMPIT/SMAIT Insan Mandiri Cibubur merupakan salah satu sekolah Islam tepadu yang mengusung konsep Islamic Boarding  School  yang akan meluluskan generasi bangsa yang rabbani, pemimpin yang ideal, sebagai pemersatu umat dan bermanfaat bagi umat disekelilingnya.

Selain fasilitas pendidikannya yang lengkap, sekolah ini mengusung Program Tahfidz Alquran yang merupakan proses pembelajaran bagi para siswa untuk menghafal Alquran dengan baik.

"Kegiatan siswa, selain belajar di dalam kelas, salah satunya adalah memperkenalkan kegiatan acara broadcasting di Radio Silaturahim."

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mendikbud Minta Sekolah Ajarkan Kejujuran dan Integritas"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah