Presiden Apresiasi 503 Sekolah Dengan Integritas Tinggi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah dari 503 sekolah yang memiliki indeks integritas ujian nasional (IIUN) terbaik dalam lima tahun terakhir.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya peran sekolah sebagai garis terdepan dalam upaya revolusi mental, untuk membentuk karakter bangsa yang berintegritas.

“Ujian tidak hanya sebagai wahana penilaian siswa, tetapi juga sebagai wahana pengembangan kejujuran. Seperti dalam ujian nasional, selain prestasi, kejujuran menjadi nilai utama,” katanya di Istana Negara.


Presiden menuturkan semua pihak harus memastikan sekolah sebagai zona berintegritas, tanpa kebohongan dan kecurangan di dalamnya.

Dengan begitu, anak-anak akan terdorong untuk mengandalkan hasil belajar dan kerja kerasnya sendiri.

Menurutnya, cara itu juga sangat efektif dalam upaya membangun kepercayaan diri, menghargai kerja keras, dan bangga dengan prestasinya sendiri.

Hal itu juga sejalan dengan Nawa Cita pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, yakni kerja keras, berintegritas, dan mandiri.

Jumlah 503 sekolah dengan IIUN terbaik diperoleh berdasarkan penilaian terhadap 80.000 sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan integritas dalam dunia pendidikan hanya dapat dilakukan dengan upaya semua pihak untuk melawan ketidakjujuran.

“Kita tidak boleh lagi bersikap diam dan mendiamkan ketidakjujuran, apalagi di dunia pendidikan. Integritas di dunia pendidikan hanya akan terwujud jika semua bergerak melawan ketidakjujuran,” ujarnya.

Anies menuturkan saat ini mayoritas sekolah di dalam negeri masih memiliki IIUN yang rendah. Untuk itu, dirinya akan membuka hasil IIUN setiap tahunnya, agar dapat meningkatkan integritas di seluruh sekolah. 

sumber:kabar24.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Presiden Apresiasi 503 Sekolah Dengan Integritas Tinggi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah