Faktor-faktor Yang Mempengaruhi dan Upaya Meningkatkan Kerja Guru
Faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Kerja Guru
Hasil penelitian yang dilakukan oleh para pakar motivasi menunjukkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:
a) Tujuan
Visi, misi dan tujuan yang jelas akan membantu tim dalam bekerja.
b) Tantangan
Dalam banyak tantangan yang ada merupakan suatu ransangan untuk mencapai kesuksesan. Dengan kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivator.
c) Keakraban
Tim yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akraban satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasin sepenangugan.
d) Tanggungjawab
Secara umum, setiap orang akan terstimulasi ketika diberi tanggungjawab.
e) Kepemimpinan
Tidak dapat dipungkiri bahwa leadeship merupakan faktor yang berperan penting dalam mendapatkan komitmen dari anggota tim.
f) Kerja sama
Tanpa kerja sama yang harmonis dalam suatu tim, program kerja yang telah diprogramkan akan sulit dilaksanakan.
g) Kemampuan
Guru yang memiliki kemampuan yang tinggi baik dari segi kualifikasi pendidikan, kompotensi pedagogik, kompotensi sosial, maupun kompotensi pribadi akan termotivasi dalam melaksanakan pekerjaan mereka.
Upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi kerja guru
a) Meningkatkan aktivitas guru yang berhubungan dengan faktor pemuas guru bekerja.
b) Menciptakan hubungan yang harmonis antara pimpinan dengan guru maupun dengan sesama guru.
c) Meningkatkan kesejahteraan guru.
d) Membuat program yang baik.
e) Meningkatkan profesionalisme guru melalui pendidikan dan latihan serta mendorong guru untuk untuk terus melanjutkan pendidikan.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh para pakar motivasi menunjukkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:
a) Tujuan
Visi, misi dan tujuan yang jelas akan membantu tim dalam bekerja.
b) Tantangan
Dalam banyak tantangan yang ada merupakan suatu ransangan untuk mencapai kesuksesan. Dengan kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivator.
c) Keakraban
Tim yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akraban satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasin sepenangugan.
d) Tanggungjawab
Secara umum, setiap orang akan terstimulasi ketika diberi tanggungjawab.
e) Kepemimpinan
Tidak dapat dipungkiri bahwa leadeship merupakan faktor yang berperan penting dalam mendapatkan komitmen dari anggota tim.
f) Kerja sama
Tanpa kerja sama yang harmonis dalam suatu tim, program kerja yang telah diprogramkan akan sulit dilaksanakan.
g) Kemampuan
Guru yang memiliki kemampuan yang tinggi baik dari segi kualifikasi pendidikan, kompotensi pedagogik, kompotensi sosial, maupun kompotensi pribadi akan termotivasi dalam melaksanakan pekerjaan mereka.
a) Meningkatkan aktivitas guru yang berhubungan dengan faktor pemuas guru bekerja.
b) Menciptakan hubungan yang harmonis antara pimpinan dengan guru maupun dengan sesama guru.
c) Meningkatkan kesejahteraan guru.
d) Membuat program yang baik.
e) Meningkatkan profesionalisme guru melalui pendidikan dan latihan serta mendorong guru untuk untuk terus melanjutkan pendidikan.
0 Response to "Faktor-faktor Yang Mempengaruhi dan Upaya Meningkatkan Kerja Guru"
Post a Comment