Kompotensi Seorang Guru
Pedidik dalam menjalankan tugasnya dituntut memiliki beberapa kompotensi guna menunjang kesuksesan tugas-tugasnya. Kompotensi yang dimiliki dapat berupa kompotensi keilmuan, fisik, sosial, dan juga etika-moral. Di antara sekian banyak tugas dan kompotensi yang harus dimiliki oleh guru, diantaranya:
a) Mengajarkan sesuai dengan kemampuannya, dalam arti guru harus memahami dan menguasai ilmu yang diajarkan serta peta konsep dan fungsinya agar tidak menyesatkan dan harus selalu belajar untuk mendalami ilmu.
b) Berprilaku rabbani, takwa dan taat kepada Allah.
c) Memiliki integritas moral sebagaimana rasul bersifat shidiq (jujur), amanah (memegang tugas dengan baik), tabligh (selalu menyampaikan informasi dan kebenaran), dan fathanah (cerdas dalam bersikap).
c) Memiliki integritas moral sebagaimana rasul bersifat shidiq (jujur), amanah (memegang tugas dengan baik), tabligh (selalu menyampaikan informasi dan kebenaran), dan fathanah (cerdas dalam bersikap).
d) Mencintai dan bagga terhadap tugas-tugas keguruan dan melaksanakannya dengan penuh gembira, kasih-sayang, tenang dan sabar.
e) Memiliki perhatian yang cukup dan adil terhadap individualitas dan kolektivitas perserta didik.
f) Sehat rohani, dewasa, menjaga kemuliaan diri, humanis, berwibawa, dan penuh keteladanan.
g) Menjalin komunikasi yang harmonis dan rasional dengan peserta didik dan masyarakat.
h) Menguasai perencanaan, metode, dan strategi menjagar dan juga mampu melakukan pengelolaan kelas dengan baik.
i) Menguasai perkembangan fisik dan psikis peserta didik serta menghormatinya.
j) Melakukan promosi wacana dan pembentukan watak dan sikap keilmuan dan yang otonom .
Sumber: Roqib, Ilmu
Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Lkis Yogyakarta, 2009), hlm. 51
0 Response to "Kompotensi Seorang Guru"
Post a Comment