Makalah Media Pembelajaran dan Motivasi

Kata media berasal dari  bahasa latin medius yang secara harfiah berarti “tengah, perantara atau pengantar”. Dalam buku media pembelajaran ciptaan Azhar Arsyad ,Gerlach dan Ely mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia ,materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.


Berbicara tentang media berarti kita membicarakan proses pembelajaran. Media memegang peran yang penting dalam pembelajaran, media pembelajaran  merupakan piranti yang memegang peranan tersendiri dalam proses pembelajaran. Teori-teori yang dikembangkan dari berbagai penelitian tetang media komunikasi telah memberi arti tersendir bagi pengembangan pembelajaran.

Menurut Bretz misalnya, membuat penggolongan media berdasarkan bentuk penyajian dan penyimpanan pesan. Mula-mula diidentifikasi tiga bentuk utama yaitu : ujud, suara, dan gerak. Ujud kemudian dijabarkan lagi menjadi tiga, yaitu : gambar, garis, dan lambang. Berdasarkan klasifikasi itu Bretz membedakan delapan kategori media, dimulai yang mempunyai ciri banyak hingga media yang mengandung satu cirri. Bretz telah banyak memberi petunjuk tentang media dan pemilihannya untuk keperluan pembelajaran.

Wilbur Schramm merupakan seorang ahli komunikasi yang vocal dalam mengaplikasikan teori, model, dan hasil penelitian tentang media kedalam bidang pendidikan, yang tidak lain mengembangkan gerapannya ke teknologi pendidikan. Buku Schramm yang terkenal ialah Big Media Little Media ; Tools and Tecnologies for Intruction. Sesuai dengan bukunya Schramm membedakan media besar yaitu yang kompleks dan mahal, media kecil yang sederhana dan relative mudah.  Perbedaan itu bukan suatu dikotomi melainkan suatu skala kelangsungan. Big Media  mempunyai daya tarik yang lebih besar terutama non-pendidikan. 

Dalam bukunya Schramm mengaji informasi yang ada mengenai pemilihan media untuk keperluan pembelajaran. Dia berusaha membuat generasi dan teori yang berhubungan dengan pemilihan media berdasarkan hasil-hasil eksperimen, bukti-bukti dari lapangan.

Bagi teman-teman yang ingin membaca secara lengkap makalah tentang media pembelajaran dan motivasi langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Media Pembelajaran dan Motivasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah