Pengaruh metode takrir bersama terhadap kualitas hafalan al-qur’an di pondok tahfidz daarulqur’an sangatta utara tahun akademik 2013/2014”.

Menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap manusia terutama umat muslim baik pria maupun wanita. Menuntut ilmu adalah jalan yang lurus untuk dapat membedakan mana yang haq dan mana yang bathil, tauhid dan syirik, sunah dan bid’ah, yang ma’ruf dan yang mungkar dan antara yang bermanfaat dan yang membahayakan.

Pada dasarnya manusia diciptakan tidak tahu apa-apa. Hal ini dinyatakan dalam firman Allah pada surat An-Nahl ayat 78 yang berbunyi: 
“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”.

                                                                          hilishi.com

Sejalan dengan ayat tersebut maka menuntut ilmu adalah hal yang sangat penting karena tanpa ilmu manusia akan buta dalam mengarungi kehidupan. Sejatinya menuntut ilmu bisa memberikan manfaat bagi manusia itu sendiri yang nantinya juga akan bermanfaat bagi orang lain, baik di dunia maupun di akhirat. Salah ssatu ilmu yang bermanfaat bagi manusia adalah ilmu al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah pedoaman hidup manusia yang dapat menghartakan pada jalan yang lurus baik di dunia maupun di akhirat. al-Qur’an adalah al-Kitab yang mengumpulkan dan menghimpun berbagai persoalan kehidupan pada masa lalu, kini, dan yang akan datang, yang gaib maupun yang Nampak, yang kecil maupun yang besar[2]. Allah telah memuliakan Nabi SAW berkat kitab suci al-Qur’an yang mengandung mu’jizat disegala zaman. Dengan al-Qur’an itulah Nabi mampu menundukkan segenap manusia dan jin, serta membungkam orang-orang yang suka menyimpang dan berbuat kerusakan di muka bumi. Oleh karena itu sudah sepantasnya menjadi sebuah kewajiban bagi umat islam menaruh perhatian terhadap al-Qur’an dengan membacanya, menghafalnya, maupun manafsirkannya. Harus menghafalkan al-Qur’an bukanlah bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan karena Allah SWT, telah menegaskan:
“Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-Qamar:17).

Menghafal al-Qur’an adalah suatu pekerjaan yang mulia di sisi Allah SWT. Orang yang selalu membaca al-Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya adalah orang-orang yang mempunyai keutamaan dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Bagi teman-teman yang ingin mendownload secara lengkap DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengaruh metode takrir bersama terhadap kualitas hafalan al-qur’an di pondok tahfidz daarulqur’an sangatta utara tahun akademik 2013/2014”."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah