Makalah Sejarah Perjalanan Orientasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.

Sebagaimana sudah menjadi rahasia umum bahwa system pendidikan nasiomal kita telah berkali – kali mengadakan perubahan. Perubahan yang paling esensial dalam pendidikan nasional ini adalah perubahan kurikulum. Kurikulum pendidikan nasional telah berkali – kali mengalami perubahan, sudah Sembilan kali terjadi perubahan kurukulum dari Indonesia merdeka sampai sekarang. tiga kali perubahan yang terakhir adalah mulai dari kurikulum 19994, kurikulum 2004 yang terkenal dengan Kurikulum Berbasis kompetensi (KBK) dan kurikulum 2006 dikenal dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP).

                                                                     slideshare.net

Perubahan – perubahan kurikulum yang terjadi dalam system pendidikan nasional tidak jarang membawa implikasi – implikasi yang beragam, baik negative maupun positif. Pada kenyataannya, implikasi perubahan kurikulum itu membawa sekian banyak problem yang tidak mudah untuk dipecahkan. Problem prolem ini tidak hanya dialami oleh para penyelengara di pusat, akan tetapi juga di tingkat daerah. Masyarakatpun pada umumnya menanggapi dengan nada sinis dan negative. Sehingga terkesan pendidikan kita adalah pendidikan produk penguasa, ketika ada pergantian menteri berganti pula kurikulum, kebijakan kurikulum yang dilaksanakan belum tuntas sudah berganti lagi dengan kurikulum yang baru.

Perubahan Kurikulum sembilan kali tersebut menurut banyak pengamat sampai detik ini belum mampu untuk menjadi formulasi yang tepat untuk dijadikan pengatur pendidikan di Indonesia. Untuk itu marilah kita kaji bersama-sama mengenai perjalanan orientasi kurikulum yang telah berjalan dan berlaku di Indonesia.

Bagi teman-teman yang ingin membaca secara lengkap Makalah tentang Sejarah Orientasi Pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Sejarah Perjalanan Orientasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah