Resume Perkembangan Fisik dan Mental Pada Masa Kanak-kanak

Sebenarnya potensi keberagaman bagi seorang anak telah ada semenjak anak lahir ke dunia,ia memiliki “fitrah” untuk beriman epada Tuhan.tinggal usaha pengembangan sikap religious pada seseorang,dan disinilah peran utama dari orang tua di dalam mengembangkan potensi keberagamaan anak.

Athur T.Jersild. dan kawan-kawanya .Dalam The Psicology of Adolescence mengatakan bahwa : biasanya orang atau anak beragama itu dikarenakan orang tuanya beragama. Atau dia menirukan orang tuanya beragama.


Biasanya sebelum umur 4 tahun anak belum menyadari benar perasaan ketuhanan (keagamaan).Tuhan bagi anak masih dalam fantasia tau gambarannya disamakan dngan mahluk/manusia lainya (anthrophomorphonisme). Oleh karena itu perasaan kebutuhan anak dapat dimulai sedini mungkin melalui tanggapan, dan bahasa anak. Mula-mula anak mungkin akan selalu kagum terhadap orang tuanya yang selalu sayang dan lain-lain. Hal tersebut sangatlah penting untuk pembinaan kejiwaan anakuntuk senantiasa dibawa ke pemahaman.

Pembinaan berikutnya anak harus dibiasakan mengikuti kegiatan-kegiatan agama. Dalam hal yang brrkaitan dengan ketaatan dan kepatuhan seseorng terhadap satu system nilai,termasuk nilai-nilai keagamaan. L .Kohlberg,mengemukakan bahwa seseorang dalam mengikuti tata nilai agar menjadi insan kamil ada 6 tingkatan :

Stadium 1  menurut aturan dengan menghindari hukuman
Stadium 2  Anak bersikap konfornis agar dapat hadiah dan dipandang orang lain
Stadium 3  Anak bersifat konfornis untuk menghindari celaan.
Stadium 4  Anak bersikap konfornis untuk menghindari hukuman   
Stadium 5  Anak bersikap konfornitas karena membutuhkan kehiduan bersamaa yang diatur.
Stadium 6  Anak melakukan konformitas tanpa pengaruh luar,tetapi karena keinginannya sendiri.
Dari teori tersebut dapat dipahami ,agar anak taat dan patuh haus atau sebaiknya dibimbing terus agar sampai pada taraf kesadaran dirinya di dalam melakukan kegiatan keagamaan.

Bagi teman-teman yang ingin membaca secara lengkap tentang resum perkembangan fisik dan mental anak pada masa kanak-kanak langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Perkembangan Fisik dan Mental Pada Masa Kanak-kanak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah