Makalah Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Budaya

Kehidupan manusia sangatlah komplek, begitu pula hubungan yang terjadi pada manusia sangatlah luas. Hubungan tersebut dapat terjadi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam,manusia dengan makhluk hidup yang ada di alam, dan manusia dengan Sang Pencipta. Setiap hubungan tersebut harus berjalan seimbang.

Manusia juga harus bersosialisasi dengan lingkungannya,yang merupakan pendidikan awal dalam suatu interaksi sosial.Hal itu menjadikan manusia harus mempunyai ilmu pengetahuan yang berlandaskan ketuhanan. Karena dengan ilmu tersebut manusia dapat membedakan antar yang hak dengan yang bukan hak,antara kewajiban dengan yang bukan kewajiban. Agar norma – norma tersebut berjalan haruslah manusia dididik dari “dalam ayunan hingga ia wafat”agar hasil dari pendidikan yakni kebudayaan dapat diimplementasikan di masyarakat.


Secara bahasa manusia berasal dari kata “ manu” (sanskerta)”mens” (latin)berarti berfikir,berakal budi.Adapun dalam sudut pandang terminologi manusia  adalah suatu makhluk yang memiliki ciri tertentu dan memiliki tingkat intelektual yang tinggi dan membutuhkan kepada lainnya. Baik kepada Tuhan atau kepada sesama makhluk.  Akal budi merupakan pemberian sekaligus potensi dalam diri manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain.Kelebihan manusia terhadap makhluk lain terletak pada akal budi.Akal adalah kemampuan berfikir manusia sebagai kodrat alami yang dimiliki.sehingga manusia dapat memecahkan masalah yang dihadapinya.

Dengan akal budi manusia mampu menciptakan, mengkreasikan, memperlakukan,memperbaharui, memperbaiki, mengembangkan dan meningkatkan  sesuatu yang ada untuk kepentingan hidup manusia.[2] Contoh manusia dapat membangun rumah, membuat aneka jenis masakan, menciptakan beragam jenis pakaian, membuat alat transportasi dan komunikasi. Berbeda  dengan binatang. Bisa membuat rumah dan mencari makan. 

Akan tetapi rumah dan jenis makanannya tidak pernah berubah dan berkembang. Dalam hubungannya dengan lingkungan, manusia merupakan suatu organisme hidup (living organism).terbentuknya pribadi seseorang dipengaruhi oleh lingkungannya.atau dapat dikatakan setiap manusia berasal dari lingkungannya. 

Bagi teman-teman yang membaca secara lengkap makalah ini langsung aja Download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Budaya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah