Makalah Tentang Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Pancasila selain sebagai dasar negara Indonesia juga merupakan suatu pandangan atau asumsi-asumsi dasar dan teoritis yang bersifat umum tentang kehidupan masyarakat Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila yang disusun dari nilai-nilai luhur yang ada di dalam diri bangsa Indonesia seyogyanya mampu menjawab tantangan-tantangan yang ada di masa mendatang. Seperti sebuah Perseroan Terbatas/ PT yang tanpa modal/ saham perusahaannya tidak akan bisa berkembang dan maju, Bangsa Indonesia pun tidak akan bisa maju tanpa adanya sebuah pondasi yang kuat yaitu Pancasila.


Dinamika masyarakat yang berkembang dengan cepat, merubah nilai dan tatanan budaya yang ada di dalam masyarakat Indonesia. Suatu kenyataan yang memang tidak dapat dielakkan karena perkembangan dari peradaban masyarakat dunia pun sangat cepat. Yang tentunya ditambah dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam satu abad ke belakang ini. Sehingga membuat tatanan budaya masyarakat Indonesia juga berubah seperti yang sering kita lihat saat ini.

 Dengan suatu paradigma atau sudut pandang dan kerangka acuan tertentu, seorang ilmuwan dapat menjelaskan sekaligus menjawab suatu masalah dalam ilmu pengetahuan. Istilah paradigma makin lama makin berkembang tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tetapi pada bidang lain seperti bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Paradigma kemudian berkembang dalam pengertian sebagai kerangka pikir, kerangka bertindak, acuan, orientasi, sumber, tolok ukur, parameter, arah dan tujuan.

 Sesuatu dijadikan paradigma berarti sesuatu itu dijadikan sebagai kerangka, acuan, tolok ukur, parameter, arah, dan tujuan dari sebuah kegiatan. Dengan demikian, paradigma menempati posisi tinggi dan penting dalam melaksanakan segala hal dalam kehidupan manusia.

Bagi teman-teman yang membaca makalah ini secara lengkap langsung aja downlaod DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Tentang Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah