Makalah Pengaruh Kebudayaan Terhadap Jiwa Keagamaan

Pada dewasa ini kebudayaan dalam masyarakat merupakan system nilai tertentu yang dijadikan pedoman hidup oleh warga masyarakat yang mendukung kebudayaan tersebut. Karena dijadikan kerangka acuan dalam bertindak dan bertingkah laku maka kebudayaan cenderung menjadi tradisi dalam suatu masyarakat. 
Tradisi adalah sesuatu yang sulit berubah, karena sudah menyatu dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Bahkan menurut Prof.Dr.Kasmiran Wuryo, tradisi masyarakat merupakan bentuk norma yang berbentuk dari bawah, sehingga sulit untuk diketahui sumber asalnya. Oleh karena itu tampaknya tradisi sudah berbentuk sebgai norma yang dibakukan dalam kehidupan masyarakat.

Era global biasanya digambarkan sebagai kehidupan masyarakat dunia yang menyatu. Karena kemajuan teknilogi, manusia antar Negara menjadi mudah berhubungan baik melalui kunjungan fisik, karena alat transformasi sudah bukan merupakan penghambat bagi manusia untuk melewati berbagai tempat disetereo bumi ini, ataupun melalui pemanfaatan perangkat komunikasi.

Era global yang di topang oleh kemajuan dan kecanggihan tehnologi menjadikan manusia seakan hidup dalam satu kota, kota dunia. Batas negara sudah tidak jadi penghalang bagi manusia untuk saling berhubungan. Kehidupan manusia di era global saling pengaruh mempengaruhi, sehingga segala sesuatu yang sebelumnya di anggap sebagai milik suatu bangsa tertentu akan terangkat menjadi milik bersama. 

Dibayangkan bahwa buah apel dan anggur sebagai tanaman wilayah subtropics akan dapat dibeli dan dikonsumsi oleh mereka yang tinggal di daerah beriklim dingin atau masyarakat di wilayah tropis. Dan mungkin saja tari pendet yang berasal dari budaya Bali akan dapat ditonton atau dilakonkan para penari berbangsa Denmark atau Brazilia. Demikian pula gejala penyakit seperti AIDS akan menyebar keseluruh dunia, sebagai dampak dari kunjungan wisata antar bangsa. 

Bagi teman-teman yang ingin membaca makalah ini secara lengkap langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Pengaruh Kebudayaan Terhadap Jiwa Keagamaan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah