Resume Problema Konseptual Teoretik Pendidikan Islam

Potensi Perkembangan Dalam Pendidikan Islam
Dalam agama Islam terkandung suatu potensi yang mengacu kepada kedua fenomena perkembangan, yaitu:
1.    Potensi psikologis dan pedagogis yang mempengaruhi manusia untuk menjadi pribadi yang berkualitas baik dan menyandang derajat mulia melebihi makhluk-makhluk lainnya.

2.   Potensi pengembangan kehidupan manusia sebagai khalifah di muka bumi yang dinamis dan kreatif serta responsif terhadap lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang alamiah maupun yang  ijtimaiah, di mana Tuhan menjadi potensi sentral perkembangannya.


Pendidikan Agama Islam di negeri kita merupakan bagian dari pendidikan Islam. Tujuan utama dari pendidikan Islam adalah membina dan mendasari kehidupan anak-didik dengan nilai-nilai agama sekaligus mengajarkan ilmu agama Islam. Sehingga mampu mengamalkan syariat Islam secara benar sesuai pengetahuan agama.

Pendidikan yang dijadikan tumpuan harapan manusia harus mampu memproyeksikan keadaan masa depan ke dalam ketiga kategori, yaitu:
1.    Masa depan sosio
2.    Masa depan tekno
3.    Masa depan bio

Ada tiga komponen dasar yang harus dibahas dalam teori pendidikan Islam yang pada  gilirannya dapat dibuktikan validitasnya dalam operasionalisasi. Tiga komponen dasar itu adalah sebagai berikut:

1. Tujuan pendidikan Islam harus dirumuskan dan ditetapkan secara jelas dan sama bagi seluruh umat Islam sehingga bersifat universal.
2.  Metode pendidikan Islam yang kita ciptakan harus berfungsi secara efektif dalam proses pencapaian tujuan pendidikan Islam.
3.  Irama gerak yang harmonis antara metode dan tujuan pendidikan dalam proses akan mengalami vakum bila tanpa kehadiran nilai atau ide.

Bagi teman-teman yang ingin membaca resum ini langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Problema Konseptual Teoretik Pendidikan Islam "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah