Resume Tujuan, Sejarah, dan Fungsi Pancasila

Pengertian Pancasila merupakan hail pemikiran bangsa Indonesia yang sedalam dalamnya yang dipandang sebagai suatu kenyataan an nilai-nilai kehidupan yang paling bijaksana atau paling sesuai bagi bangsa dan Negara Indonesia yang diketemukan dari dalam alam pikiran, alam kebudayaan dan pengalaman sejarah sendiri.

Asal – usul Istilah Pancasila
Istilah pancasila telah dikenal di Indonesia sejak zaman Majapahit pada abad XIV, yaitu terdapat dalam buku Negara Kertagama karangan Empu Prapanca, dan dalam buku Sutasoma karangan Empu Tantular.


 Istilah pancasila secara meluas baru dikenal oleh bangsa Indonesia sejak tanggal 1 Juni 1945 oleh Ir.SOEKANO yang diusulkan agar pancasila sebagai dasar Negara di dalam bidang Badan Penyedik Usaha-Usaha Persiapan Kemedekaan Indonesia (BPUPKI). Untuk menghindari memberikan pengerian yang berbeda-beda terhadap “pancasila” maka perlu kita tinjau baik dari segi etimologi maupun dari segi terminologi.

Dari segi etimologi pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang berarti: panca, berarti “lima” sila berarti “batu sendi, alas atau dasar”. Jadi pancasila berarti berbatu sendi yang jumlahnya lima atau sila berarti aturan tingkah laku manusia yang baik. Jadi pancasila berarti lima aturan tingkah laku manusia yang baik.

Tujuan mempelajari Pancasila
Kita bangga Indonesia mempunyai Negara yang berdasarkan pancasila sudah sewajarnya apabila dalam mempelajari dasar falsafah Negara yang dinamakan “PANCASILA” maka kita harus tahu sejarah asal-muasalnya apa itu fungsi bagi bangsa Indonesia, bagaimana cara mengamalkannya dab sebagainya.  

Dalam UUD No.20 Tahun 2003 Tentang system pendidikan Nasional serta termuat dalam SK Dirjen Dikti No.43/DIKTI/KEP/2006, hal ini dijelaskan bahwa tujuan materi pancasila dalam rambu-rambu pendidikan kepribadian mengarahkan padamoral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas bebagai golongan agama, kebudayaan yang beraneka ragam kepentingan, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan. Sehingga perbedaan pemikiran diarahkan pada perilaku yang mendukung upaya terwujudnya keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah Perumusan Pancasila
Terbentuknya Negara melalui proses sejarah Untuk memahami pancasila secara lengkap dan utuh terutama dalam kaitannya dengan jati diri bangsa Indonesia, mutlak diperbolehkan adanya pemahaman sejarah bangsa Indonesia untuk membentuk suatu Negara yang berdasarkan suatu asas hidup bersama demi kesejahteraan hidup bersama, yaitu Negara yang berdasarkan pancasila.

Nilai –nilai esensial yang terkandung dalam pancasila yaitu keTuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan senyatanya nilai-nilai tersebut telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak berabad-abad lamanya mulai dari sejak zaman batu dan akhirnya dengan timbulnya kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia

Bagi teman-teman yang ingin membaca resum ini secara lengkap langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Tujuan, Sejarah, dan Fungsi Pancasila"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah