Resume Tentang Pemimpin dan Pengambilan Keputusan

Pengertian Pemimpin merupakan salah atu intisari manajemen, sumber daya pokok, dan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu perusahaan. Kreativitas dan dinamika seorang pemimpin dalam menjalankan wewenang kepemimpinannya akan sangat menentukan apakah tujuan perusahaan dapat dicapai atau tidak.

Jika seorang peminpin kurang kreatif dan tidak dinamis maka perusahaan yang dipimpinnya pun akan melempem. Efektivitas para bawahan sebagian besar ditentukan oleh efektivitas kepemimpinan seorang pemimpin. Peminpin harus mengutamakan tugas, tanggung jawab, dan membina hubungan yang harmonis, baik dengan atasannya maupun dengan para bawahannya baik dengan kimunikasi formal maupun non formal. Siapakah yang disebut pemimpin itu?

Istilah pemimpin adalah terjemahan dari leader, head, manager yang disebut manajer, kepala, ketua, direktur, presiden dsb atau setiap orang yang memiliki bawahan. Berikut adalah pengertian-pengertian pemimpin atau menejer:

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan
Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan.
Manajer adalah seseorang yang mencapai tujuannya melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
Jadi, seorang pemimpin harus mempunyai bawahan, membagi pekerjaannya dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut.

Robert Tanembaun
Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan.

Prof. Maccoby
Seorang pemimpin harus seorang yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri bawahannya. Pemimpin yang baik untuk masa kini adalah orang yang religius, dalam artian menerima kepercayaan etnis dan moral dari berbagai agama besar.

Lao Tzu
Pemimpin yang baik ialah seorang yang membantu mengambangkan orang lain, sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu.

pemimpin dan pengambilan keputusan

Davis and Filley
Pemimpin ialah seseorang yang menduduki suatu posisi manajamen atau seseorang yang melakukan suatu pekerjaan pemimpin.

Menurut Pancasila
Seorang pemimpin harus bersikap sebagai pengasuh yang mendorong, menuntun dan membimbing bawahannya. Berikut beberapa asas utama dari kepemimpinan pancasila, yaitu:
Ing ngarsa sung tuladha: seorang pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

Ing madya mangun karsa: seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang-orang yang dipimpinnya.

Tut wuri handayani: seorang pemimpin harus mampu mendorang orang-orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.

Bagi teman-teman yang membaca resum ini tentang pemimpin dan pengambilan keputusan langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Tentang Pemimpin dan Pengambilan Keputusan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah