Resume Perencanaan dan Rencana

Perencanaan (planning) adalah fungsi dasar (fundamental) manajemen, karena organizing, staffing, directing, dan controlling pun harus terlebih dahulu direncanakan. Perencanaan ini adalah dinamis. perencenaan ini ditunjukan pada  masa depan yang penuh dengan ketidak pastian, karena adanya perubahan kondisi dan situasi.


 Asas-asas Perencanaan
1.  Asas pengutamaan perencanaan). Perencanaan adalah keperluan utama para pemimpin dan fungsi-fungsi lainnya, organizing, staffing, directing, dan controlling. Seseorang tidak akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen lainnya,tapa mengetahui tujuan dan pedoman dalam menjalankan kebijaksanaan.

2.   Asas pemerataan perencanaan. Asas pemerataan perencanaan memegang peranan penting pengingat pemimpin pada tingkat tinggi ketika pekerjan banyak mengerjakan perencannan dan bertanggung jawab atas berhasilnya rencana itu.

3. Asas patokan perencanaan. Patokan-patokan perencanaan sangat berguna bagi ramalan, sebab premis-premis perencanaan dapat menunjukkan kejadian-kejadian yang akan datang.

4.    Asas kebijaksanaan pola kerja. Kebijakan ini mewujudkan pola kerja, prosedur-prosedur kerja, dan program-pogram kerja tersusun.

Maksud perencanaan (purpose of planning)
1.  Perencanaan adalah salah satu fungsi manejer yang maliputi seleksi atau alternatif-alternatif tujuan, kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur, dan program-program.

2.  Perencanaan pada asanya adalah memilih dan persoalan perncanaan timbul, jika suau alternatif cara bertindak ditemukan.

3. Perencanaan, sebagian besar merupakan usaha membuat hal-hal terjadi sebagaimana yang dikehendaki.

Tujuan perencanaan (objective of planning)
1.   Perencanaan bertujuan untuk menentukan tujuan, kebijakan-kebijakan, prosedur, dan program serta memberikan pedoman cara-cara pelaksanaan yang efektif dalam  mencapai tujan.

2.  Perencanaan bertujuan untuk menjadikan tindakan ekinomis, karena semua potensi yang dimiliki terarah dengan baik kepada tujuan.

3.   Perencanaan adalah suatu usaha untuk memperkecil risiko yang dihadapi pada masa yang akan datang.

Jenis-jenis Rencana
1.    Tujuan (objective)
Tujuan yang diinginkaan harus dirumuskan sejas-jelasnya agar dapat dipahamidan ditafsirkan dengan mudah oleh orang lain, tujuan yang diinginkan itu juga harus wajar, rasional, ideal, dan cukup menantang untuk diperjuangkan dan dapat dicapaioleh orang banyak. Tegasnya,  tujuan yang diinginkan itu harus ditetapkan, supaya perencanaan itu tidak mengambang.

2.    Kebijaksanaan (policy)
Kebijaka adalah suatu jenis rencana yang memberikan bimbingan berpikir dan arah dalam penganbialn keputusan. Karena dengan kebijakan ini maka rencana akan semakin baik dan menjuruskan daya pikir dari pengembalian keputusan kearah tujuan yang diinginkan.

Dalam peraktek pengertian kebijakan sering ditafsirkan salah, karena banyak yang menafsirkan, bahwa kebijakan diartikan penyimpangan dari ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Padahal kebijakan pelaksanaan itu adalah suatu batasan dalam pengambilan keputusan yang diperbolehkan.

Bagi teman-teman yang membaca secara lengkap resum ini langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Perencanaan dan Rencana"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah