Resume Filsafat Umum (Tokoh-tokoh Filsafat dan Pemikirannya)

A.  Bangsa Yunani Dan Tokoh- Tokoh Filsafat
1.    Keadaan dan sifat-sifat Yunani
Filsafat yunani dimulai sejak abad ke-6 SM. Namun sebelumnya ada beberapa kondisi yang perlu untuk kita ketahui karena kondisi-kondisi tersebut berperan penting bagi kemunculan pemikiran filsafat yunani pada saat itu. Menurut Bertens (1975). Kondisi-kondisi tersebut adalah: mitologi kesusastraan, pengaruh ilmu pengetahuan dari bangsa timur (Mesir dan Babilonia), dan kehidupan social-politik.


Berikut ini kondisi-kondisi yang menjadikan filsafat yunani lahir:
a.    Bangsa yunani yang kaya akan mitos (dongeng), di mana mitos dianggap sebagai awal dari upaya orang untuk mengetahui atau mengerti. 

b.    Karya sastra yunani dapat dianggap sebagai pendorong kelahiran filsafat yunani, karya homerus mempunyai kedudukan yang sangat penting untuk pedoman hidup orang-orang yunani yang didalamnya mengandung nilai-nilai edukatif.

c.    Pengaruh ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari Babylonia (Mesir) di lembah sungai Nil. Kemudian, berkat kemampuan dan kecakapannya, ilmu-ilmu tersebut dikembangkan sehingga mereka mempelajarinya tidak didasarkan pada aspek praktisnya saja, tetapi juga aspek teoritis kreatif.

d.   Pemerintahan yunani kuno sering disebut sebagai cikal bakal pemerintahan demokratis. Ini dapat dipahami karena dinegara ini diterapkan kehidupan social politik yang memiliki cirri-ciri sebagai berikut, Pertama, setiap warga Negara memiliki otonomi dalam bidang hokum dan memiliki kemerdekaan politik untuk mengemukakan pendapat. Kedua, ada “Negara-negara” bagian yang disebut polis, yang kondisinya saat itu sangat kondusif untuk perkembangan intelektual. 

2.    Tokoh-tokoh filsafat Yunani
Sejarah filsafat yunani diawali dengan munculnya filsafat alam. Dinamakan demikian karena para filsuf berusaha mencari jawaban tentang asal usul  dan kejadian alam semesta. Yang cukup terkenal adalah: 

a.    Thales (624 – 546 SM)
Ia adalah filsuf pertama yang berusaha untuk menemukan arkhe (asas atau prinsip) alam semesta (Kosmologi). Menurutnya, prinsip pertama alam semesta adalah air. Semua berawal dari air. Dan berakhir ke air juga. Tidak ada kehidupan tanpa ada air. Tidak ada satu makhluk hidup pun yang tidak mengandung unsure air. Demikian juga tubuh manusia.

Bagi teman-teman yang ingin membaca resum ini secara lengkap langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Filsafat Umum (Tokoh-tokoh Filsafat dan Pemikirannya)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah