Makalah Tentang Tujuan dan Fungsi Manajemen Perpustakaan

Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan.Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. 

Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan. Ketika kita mendengar kata perpustakaan, dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak sebuah ruangan.

Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita mau memperhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap. Karena setumpuk buku yang diatur di rak sebuah toko buku tidak dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan.


Memang pengertian perpustakaan terkadang rancu dengan dengan istilah – istilah pustaka, pustakawan, kepustakawanan, dan ilmu perpustakaan.

Secara harfiah, perpustakaan sendiri masih dipahami sebagai sebuah bangunan fisik tempat menyimpan buku – buku atau bahan pustaka. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan dikupas tentang manajemen perpustakaan yang meliputi : tujuan dan fungsi manajemen perpustakaan, langkah penyusunan dan perencanaan, perpustakaan sebagai organisasi, elemen manusia dalam organisasi perpustakaan, serta pengawasan dan evaluasi sebagai komponen manajemen perpustakaan.

Sejalan dengan perkembangan zaman, pengertian perpustakaan berubah secara berangsur-angsur. Pada mulanya setiap ada kumpulan buku-buku koleksi yang dikelola secara rapi dan teratur disebut perpustakaan, tetapi karena adanya perkembangan teknologi modern dalam usaha pelestarian dan pengembangan informasi, maka koleksi perpustakaan tidak hanya terbatas buku-buku saja tetapi juga beraneka ragam jenisnya.

Bagi teman-teman yang ingin membaca secar lengkap makalah tentang tujuan dan fungsi manajemen perpustakaan langsung aja download DISINI

 Baca juga: Makalah tentang Perpustakaan Di Sekolah 
                    Makalah Kebijakan Pemilihan dan Pengembangan Koleksi 
                    Makalah Sejarah dan Perkembangan Perpustakaan 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Tentang Tujuan dan Fungsi Manajemen Perpustakaan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah