Resume Filosofis Evaluasi Pendidikan


Evaluasi berasal dari bahasa Inggris, evaluation yang berarti: Tindakan atau proses untuk menentukan nilai sesuatu, Tindakan atau proses untuk menentukan nilai segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pendidikan.

Dalam bahasa Arab bahwa evaluasi disebut: Imtihan yang berarti ujian, Khataman : cara menilai hasil akhir dari proses pendidikan

B.  Tinjauan Istilah
Proses membanding situasi yang ada dengan kriteria tertentu karena evaluasi adalah proses mendapatkan informasi dan menggunakannya untuk menyusun penilaian dalam rangka membuat keputusan. Jika dihubungankan dengan pendidikan, proses membandingkan situasi yang ada dengan kriteria tertentu terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan pendidikan.  
Evaluasi pendidikan tidak hanya menilai hasil belajar para siswa dalam suatu jenjang pendidikan tertentu, melainkan juga berkenaan dengan penilaian terhadap berbagai aspek yang mempengaruhi Proses belajar siswa, seperti evaluasi terhadap guru, kurikulum, metode, sarana Prasarana, lingkungan, dan sebagainya. Selain istilah evaluasi, terdapat pula istilah lainnya yang hampir berdekatan, yaitu pengukuran dan penilaian. Kita tidak dapat mengadakan penilaian sebelum kita mengadakan pengukuran. 

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa evaluasi pendidikan adalah suatu kegiatan yang berisi mengadakan pengukuran dan penilaian terhadap keberhasilan pendidikan dari berbagai aspek yang berkaitan dengannya

C.  KEDUDUKAN EVALUASI DALAM PENDIDIKAN
Evaluasi pendidikan memiliki kedudukan yang amat strategis, karena hasil dari kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai input untuk melakukan perbaikan kegiatan pendidikan. Ajaran Islam menaruh perhatian yang besar terhadap evaluasi. Allah SWT dalam al¬Qur'an memberitahukan, bahwa pekerjaan evaluasi terhadap manusia didik merupakan suatu tugas penting dalam rangkaian proses pendidikan yang telah dilaksanakan oleh pendidik.

D.  FUNGSI EVALUASI
1.    Untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan intruksional secara komprehensif yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan tingkah laku.

2.    Sebagai umpan balik yang berguna bagi tindakan berikutnya di mana segi-segi yang sudah dapat dicapai lebih ditingkatkan lagi dan segi-segi yang dapat merugikan sebanyak mungkin dihindari.

3.    Bagi pendidik, evaluasi berguna untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar; bagi peserta didik berguna untuk mengetahui bahan pelajaran yang diberikan dan dikuasainya; dan bagi masyarakat untuk mengetahui berhasil atau tidaknya program¬program yang dilaksanakan.

Bagi teman-teman yang ingin membaca makalah ini secara lengkap langsung aja download DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Filosofis Evaluasi Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah