Makalah Pembentukan sikap dan Sikap Ilmiah Siswa

Menurtu Brun, dalam psikologi pendidikan karya Muhibbin Syah, buku. sikap (attitude) adalah kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang tertentu. Dengan demikian, pada prinsipnya sikap itu merupakan suatu kecenderungan siswa untuk bertindak dengan cara tertentu. Dalam hal ini, perwujudan perilaku belajar siswa akan ditandai dengan muncuknya kecenderungan-kecenderungan baru yang telah berubah terhadap suatu objek, tata nilai, dan peristiwa.

                                                                  kemdikbud.go.id

Azwar, menggolongkan definisi sikap dalam tiga kerangka pemikiran.Pertama, kerangka pemikiran yang diwakili oleh para ahli psikologi seperti LouisThurstone, Rensis Likert dan Charles Osgood. Menurut mereka sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Sikap seseorang terhadap suatu objekadalah perasaan mendukung atau memihak maupun perasaan tidakmendukung atau tidak memihak pada objek tersebut. 

Sikap menurut Gagne ini adalah suatu kondisi yang internal. Sikap mempengaruhi pilihan untuk bertindak. Kecenderungan untuk memilih obyek terdapat pada diri pembelajar, bukan kinerja yang spesifik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perilaku dan belajar siswa, karena sikap itu membantu siswa dalam merasakan dunianya dan memberikan pedoman kepada prilaku yang dapat membantu dalam menjelaskan dunianya. Sikap juga membantu seseorang merasa aman di suatu lingkungannya yang pada mulanya tampak asing.

Dalam hal ini sikap dapat diartikan sebagai kecenderungan seseorang untuk bertindak dalam menghadapi objek sikap. Sikap merupakan pilihan seseorang untuk memilih apa yang disukai maupun yang tidak disukai. Jika suatu sikap telah terbentuk, maka sikap tersebut akan bertahan lama karena hal itu didasari sesuatu yang menguntungkan baginya.

Bagi teman-teman yang ingin membaca makalah secara lengkap tentang pembentukan sikap dan sikap ilmiah siswa langsung aja download di sini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Pembentukan sikap dan Sikap Ilmiah Siswa"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah