Makalah Pendidikan Lingkungan Hidup

Dalam perkembangan hidup manusia dimulai sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya, manusia dibina oleh lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan dan manusia saling mempengaruhi. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan dapat berdampak positif dan negatif. Interaksi tersebut dapat berdampak positif dalam artian mengembangkan daya dukung lingkungan dalam menjamin hidupnya, tetapi dapat juga berlangsung negatif dikala manusia merusak lingkungan.

                                                                      rare.orang

Lingkungan adalah suatu perpaduan antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun lautan.
LingkunganSekolah yang kondusifsangatdiperlukan agar tercipta proses pembelajaran yang bermutu.    sejak di bangkusekolahdasar. Siswa diharapkan mampu menerapkan hidup bersih di dalam Sekolah maupun ketika berada di luar Sekolah.

Salah satu upaya untuk memupuk rasa kesadaran akan lingkungan, maka diperlukan suatu pendidikan yang berbasis kepedulian terhadap lingkungan hidup sendiri. Dimana pendidikan lingkungan hidup tersebut merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan. Semua itu pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat dalam berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan generasi sekarang dan yang akan datang.

Pendidikan lingkungan
merupakan salah satu faktor penting untuk mengurangi kerusakan lingkungan hidup dan merupakan sarana yang penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan. Pendidikan lingkungan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan.

Bagi teman-teman yang ingin membaca secara lengkap makalah tentang pendidikan lingkungan hidup langsung aja download makalah tentang pendidikan lingkungan hidup.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Pendidikan Lingkungan Hidup"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah