Pengertian dan Tugas dan Tanggungjawab Kelompok Kerja Guru (KKG)

Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah wadah kerja sama guru-guru dalam satu gugus, dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional mereka. Fungsi utamanya adalah menampung dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam KBM melalui pertemuan diskusi, pengajaran contoh, demonstrasi penggunaan dan pembuatan alat peraga.

KKG tersebut berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi , teknik mengajar dan lain-lain yang berfokus pada penciptaan KBM yang efektif. Untuk menunjang kelancaran pelaksanaannya, KKG juga memiliki organisasi kepengurusan, yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Dibina oleh seorang pengawas serta dibantu oleh beberapa orang guru yang dipandang mempunyai keahlian dalam bidang ilmu tertentu sebagai pemandu bidang studi atau mata pelajaran .

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaannya, KKG juga memiliki organisasi kepengurusan, yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Dibina oleh seorang pengawas serta dibantu oleh beberapa orang guru yang dipandang mempunyai keahlian dalam bidang ilmu tertentu sebagai pemandu bidang studi atau mata pelajaran.

Program kerja kelompok guru disetiap lembaga pendidikan harus digalakkan untuk meningkatkan motivasi kerja guru. KKG dapat dibentuk sesuai dengan mata pelajaran yang guru pegang. Baik lintas sekolah maupun lintas jenjang pendidikan yang ada di wilayah sekolah. Guru dapat bertukar pikiran dalam setiap pertemuan yang dilaksanakan dalam bidang studi yang mereka ajarkan .

Tugas dan Tanggung Jawab Kelompok Kerja Guru (KKG)
Tugas dan tanggung jawab Kelompok Kerja Guru (KKG) secara umum adalah sebagai berikut:
1)    Memberikan motivasi kepada guru agar mengikuti setiap kegiatan yang diadakan termasuk kegiatan yang diselenggarakan PKG.
2)    Meningkatkan kompotensi meliputi aspek pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional.
3)    Menunjang pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran

Sumber:  Sri Banun Muslim, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, (Jakarta: Alfabeta, 2010), hlm. 103.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Tugas dan Tanggungjawab Kelompok Kerja Guru (KKG)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah