Resume Visi, Misi dan Sifat Pendidikan Islam

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan pada ajaran Islam. Karena ajaran Islam berdasarkan al-Qur'an, al-Sunnah, pendapat ulama serta warisan sejarah, maka pendidikan Islam pun mendasarkan diri pada al-Qur'an, al-Sunnah, pendapat para ulama serta warisan sejarah tersebut. 

Perbedaan pendidikan Islam dengan pendidikan lainnya, ditentukan oleh adanya dasar ajaran Islam. Jika pendidikan lainnya didasarkan pada pemikiran rasional yang sekuler dan impristik semata, maka pendidikan Islam selain menggunakan pertimbangan rasional dan data empiris juga berdasarkan pada al-Qur'an, al-Sunnah, pendapat para ulama dan sejarah tersebut,. 

visi, misi, dan sifat pendidikan islam

Dalam perjalanan sejarahnya, sebuah kegiatan pendidikan ditentukan oleh visi, misi, dan sifat yang melatarbelakanginya.  Dalam berbagai referensi belum ditemukan rumusan tentang visi, misi dan sifat pendidikan Islam tersebut secara eksplisit. 

Yang ada, pada umumnya adalah rumusan tentang tujuan, kurikulum, metode belajar mengajar, kriteria guru dan berbagai aspek pendidikan lainnya. Rumusan tentang visi, misi dan sifat pendidikan Islam yang demikian penting itu belum sempat terpikirkan, walaupun berbagai isyarat di dalam al-Qur'an, al-Hadis dan berbagai sumber ajaran Islam lainnya, rumusan tentang visi, misi dan sitfat pendidikan Islam tersebut dapat dirumuskan.

B.  VISI PENDIDIKAN ISLAM
1.    Apakah Visi itu?
Kata visi berasal dari bahasa Inggris, vision yang dapat berarti penglihatan, daya lihat, pandangan, impian atau bayangan. secara sederhana kata visi mengacu kepada sebuah cita-cita, keinginan, angan¬angan, khayalan dan impian ideal yang ingin dicapai yang dirumuska secara sederhana, singkat, padat dan jelas namun mengandung makna yang luas, jauh dan penuh makna. Dengan sifatnya yang demikian itu, sebuah visi dapat disebut sebagai sebuah cita-cita jangka panjang yang mungkin sulit diukur dalarn jangka waktu tertentu. 

Memang demikian sifat visi, karena sebuah visi akan tetap berfungsi untuk jangka panjang, tidak akan habis-habis, sehingga sebuah kegiatan yang dipayungi oleh visi yang demikian itu tidak akan mudah berhenti atau mandeg.

C.  Apakah Visi Pendidikan Islam itu?

1.  Visi pendidikan Islam itu pada hakikatnya melekat pada visi ajaran Islam itu sendiri yang terkait dengan visi kerasulan para Nabi, mulai dari visi kerasulan Nabi Adam hingga kerasulan Nabi Muhammad SAW.

2.   Berdasarkan uraian di atas, visi pendidikan Islam adalah:
a.    Membangun sebuah kehidupan manusia yang patuh dan tunduk kepada Allah, seperti firman-Nya (QS.29:16):
 “Dan (ingatlah) Ibrahim, ketika ia berkata kepada kaumnya: "Sembahlah olehmu Allah dan bertakwalah kepada-Nya. yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui

b.    Membawa rahmat bagi seluruh alam;
 dan Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

c.    Makna kata patuh dan tunduk

Bagi teman-teman yang ingin membaca resum ini secara lengkap langsung aja downlaod DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Visi, Misi dan Sifat Pendidikan Islam"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Artikel

Iklan Artikel Bawah